https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirw89N4FtkpjRJzWXOya8VBQJ3tnMcBOCaPpJhyphenhyphen6gHFepCA2voGaXpSyP3eeUyrCKwELN37mLIWLYxu_5CzA98DQfS4knF9S0yqVk-88mB0Bkj8k3JQlJovOiG1iTJrpfLjFZ1ZppRNyk/s1600/smartbloggingtips.gif
  1. Lakukan pengecekan halaman pada beberapa web browser yang berbeda: Tampilan halaman anda begitu cantik di browser firefox tetapi belum tentu bagus di browser IE atau Opera atau browser yang lain. Ingat pengunjung blog anda tidak hanya menggunakan satu browser saja. untuk itu anda coba lakukan pengecekan dengan browser yang berbeda, misalkan : Firefox, Flock, Mozilla, IE, Opera, Safari.
  2. Pilihan warna pada blog : Pemilihan warna memang susah-susah gampang semuanya tergantung selera pemilik blog. Jangan terlalu egois, pilih warna sesuai dengan tema blog anda. coba anda pikir jika blog anda tentang agama dengan pilihan warna hitam, terlihat janggal bukan! kebanyakan warna hitam lebih cenderung ke situs yang bertemakan underground.
  3. Hindari Memasang Jam : Tanyakan pada diri anda sendiri apa gunanya memasang jam di blog anda, jika hanya sebagai pengingat waktu atau untuk mempercantik halaman sebaiknya tidak usah digunakan, apa gunanya jam pada taksbar windows. yang jelas bakal bikin load page anda semakin berat.
  4. Hindari pasang kalender : Apa gunanya kalender windows? orang butuh informasi dari blog anda bukan ingin melihat kalender. sekedar informasi kalender yang saya maksud adalah kalender umum, beda dengan kalender yang menampilkan sebuah posting (biasanya banyak digunakan pengguna wordpress)
  5. Hindari pasang jumlah pengunjung tetap: jika blog anda baru jangan gunakan jumlah pengunjung (counter), ini akan berakibat penilaian yang buruk terhadap blog anda. walaupun untuk beberapa penyedia layanan counter menyediakan fasilitas untuk memanipulasi dan menambah jumlah pengunjung secara manual, coba anda pikir blog yang baru dibuat sudah mencapai 100.000 pengunjung apa itu mungkin?
  6. Jangan memelas untuk meminta mengklik iklan : hindari kata "klik iklan dibawah ini" atau bahasa apapun yang meminta pengunjung anda untuk mengklik iklan. sampai saat ini ada beberapa blog yang melakukan hal tersebut (maaf jika blog anda termasuk dalam hal ini) siapa sih didunia ini yang suka diperintah, Tanpa anda menyuruhpun pengunjung bakal mengklik iklan tersebut jika dirasa berguna gai mereka.
  7. Jangan memasang iklan yang berserakan : Iklan yang banyak memang sangat menguntungkan, namun jangan sampai isi halaman anda hanya iklan dan iklan. Pasang iklan sewajarnya saja dan tahukah anda pengunjung sangat risih dengan adanya iklan yang telihat melebihi kapasitas dari isi halaman blog anda.
  8. Hindari memasang lagu pada blog : Selain bikin halaman berat blog yang menampilkan lagu agak terkesan tidak profesional dan maaf agak terkesan jaman dulu (jadul). Tidak masalah jika blog anda tentang musik atau blog personal tapi untuk blok bisnis kayanya kurang cocok.
  9. Menampilkan status IP pengunjung : Blog anda bukan program spy khan?, jadi lebih baik tidak usah dipasang agar pengunjung tidak merasa dimata-matai.
  10. Memasang widgets yang tidak ada hubunganganya dengan blog : Menambahkan widgets memang menyenangkan tapi jika tidak ada hubungannya malah blog anda terkesan aneh. pasanglah widget sesuai dengan kebutuhan saja.
  11. Jangan hanya Copy-Paste : Saya tidak melarang anda untuk melakukan Copy-Paste, jika memang dilakukan sebaiknya perbaiki juga code scriptnya, hargai jerih payah penulis sebenarnya karna jika hanya copy-paste tulisannya tidak bakal terlihat rapi dan kemungkinan gambar yang diikutsertakan tidak bakal muncul.
  12. Perhatikan tanda baca : Perhatikan tulisan anda apakah sudah benar tanda bacanya. Kesalahan dalam titik koma saja akan berakibat mempunyai arti yang berbeda.
  13. Jangan gunakan gambar yang besar : Gambar memang mempercantik halaman anda, gambar yang besar justru jadi bumerang buat loading page anda. yang jelas blog anda pasti akan diabaikan untuk sementara waktu ketika loading page sedang berjalan.
  14. Periksa Dead link : Link yang telah mati bakal tidak disukai pembaca, jangan kan pembaca search engine pun tidak menyukai hal ini. Lakukan pengecekan dead link sesering mungkin, banyak tools di internet yang bisa melakukan tugas ini.
  15. Jangan terlalu banyak memposting artikel orang lain : Ini akan mendapat respon buruk dari pembaca, karna pembaca akan lebih berpikir lebih baik membaca kesumbernya secara langsung.
  16. Selalu pasang nama sumber artikel : Blog yang profesional selalu menghargai jerih payah orang lain, yang jelas memasang nama sumber tidak merugikan anda sedikitpun sebaliknya penghargaan atas jerih payah orang lain itulah yang membuat anda terlihat lebih profesional.
  17. Cara merespon komentar yang baik : Jangan pernah bersikap menggurui, hargai semua komentar dengan bijak walau pun ada beberapa komentar yang menyebalkan. Ingat! blog tempat orang menuangkan semua ide dan pemikiran jadi semua orang pasti mempunyai pendapat yang berbeda.

Sumber: http://www.o-om.com/2007/09/17-tips-agar-halaman-blog-tampil.htm


Sebuah teknologi optik terbaru sedang di ujicoba di Jepang. Hebatnya, teknologi itu mampu mencapai kecepatan 30 Terabit per detik (Tbps) atau lebih dari 32 Miliar Kbps. Amazing!

Uji coba itu telah dilakukan oleh KDDI R&D Labs bersama National Institute of Information and Communications Technology (NICT) di Jepang. Teknologi yang di ujicoba memanfaatkan transmisi bernama OFDM alias orthogonal frequency division multiplex.

Coba anda bandingkan, kecepatan koneksi internet saat ini masih jauh, sangat jauh dari yang dicapai dalam ujicoba tersebut. Kecepatan 500 kilobit per detik (Kbps) misalnya, sudah termasuk lumayan untuk penggunaan normal sehari-hari. Sedangkan rata-rata kecepatan internet di dunia, berdasarkan data akhir 2008, adalah 1.5 Mbps atau 1500 Kbps.

Jadi, 30 Terabit per detik itu kurang lebih setara dengan 32 miliar kilobit per detik. Dengan kecepatan seperti ini, per detiknya data yang sanggup dikirimkan mencapai 3,9 juta MB, atau hampir 1.000 keping DVD film per detiknya.

Ujicoba itu dilakukan pada jarak 240 kilometer, artinya bukan sekadar ujicoba jarak dekat. Rencananya KDDI akan mengkomersialkan teknologi ini pada 2012.
1. Beagle Board

Beagle Board dengan biaya-rendah, kipas single-board (Ukuran Board: 3 “x 3″) komputer yang berdasarkan keluarga perangkat OMAP3 TIS yang diproduksi oleh Texas Instruments di asosiasi dengan Digi-Key, dirancang dengan ide yang cemerlang untuk perkembangan open source, untuk menunjukkan OMAP3530 Texas Instrumen system-on-a-chip, dengan semua upgrade mesin desktop, tapi tanpa massal, biaya, atau suara (dari beagleboard.org). Ini menggunakan prosesor TI OMAP3530 (ARM Cortex-A8 Core ~ 600MHz + TMS320C64x + DSP ~ 430MHz). Lihat OMAP3530 fitur untuk fitur prosesor yang lebih. Target harga adalah US-$ ~ 150, -.

Tujuan desain adalah untuk membuat sesederhana dan semurah mungkin, misalnya tidak memiliki LCD yang ditambahkan, tetapi Anda dapat menghubungkan semua add-on hardware yang tersedia sebagai komponen eksternal yang murah.

2. Pico-ITX

VIA Technologies, Inc, telah menunjukkan banyak upaya untuk mengurangi ukuran motherboard nya. Menurut sejarah, mereka mulai dari mini-ITX dari factor (17cmx17cm), kemudian Nano (12cmx12cm) dan sekarang mereka telah mencapai Pico-ITX. Suatu bentuk Pico-ITX mainboard faktor, VIA VT6047, seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah (sedikit lebih besar dari ukuran kartu bermain), yang terbaru, sebesar telapak tangan dan merupakan yang terkecil di dunia saat ini.

Mainboard Pico-ITX ukurannya hanya 10cm x 7.2cm, 75% lebih kecil dibandingkan Mini-ITX. Anehnya, dengan ukuran kecil, tidak ada pengurangan dari setiap komponen di motherboard ini. segalanya yang dibutuhkan untuk PC Anda ada di Motherboard.

Bergerak memproduksi motherboard dengan ukuran lebih kecil pasti petunjuk bahwa permintaan terhadap faktor bentuk yang lebih kecil dari PC yang semakin banyak. keberhasilan VIA dari miniaturisasi tergantung banyak keahlian di tingkat silikon seperti penanganan efisiensi daya, manajemen dan integrasi fitur termal.

VIA VT6047 Pico-ITX mainboard dirancang untuk menjadi didukung oleh salah satu VIA platform energi efisien prosesor, seperti VIA C7 atau tanpa kipas prosesor VIA Eden dalam paket 21mm x 21mm nanoBGA2, digabungkan dengan media yang kaya fitur VIA sistem prosesor untuk mengaktifkan papan untuk pak pukulan kinerja panas yang kecil atau rendah, paket daya yang rendah.

Entah disengaja atau tidak, namun yang pasti sebuah dokumen Microsoft yang dikirmkan ke rekanan bisnisnya bocor di internet. Isi dokumen tersebut antara lain, proyek besar Microsoft yaitu Windows 8.

Ketika ditemukan, dokumen tersebut memerlihatkan visi Microsoft untuk Windows 8. Seperti desain komputer dan kemampuan perangkat keras. Namun, sebagian permintaan juga ada yang meminta sistem anyar pada Windows 8 dipasangi Original Equipment Manufacturer (OEM).
Menurut Microsoft, Windows teranyarnya nanti akan mengunggulkan sensor yang lebih beragam. Mulai dari Global Positioning System (GPS), posisi yang berbasis menara BTS, sensor kedekatan, accelerometer, dan kamera web.
Windows Store adalah salah satu feature yang diusung Microsoft melalui Windows 8-nya. Toko ini akan menangani feature-feature standar. Semisal pengelolaan akun dan pembaruan peranti lunak, pun menyediakan kemampuan mereplika aplikasi dan pengelolaannya di berbagai perangkat yang berbeda. Sedianya, toko aplikasi ini akan membidik App Store milik Apple.
Berdasarkan  proyek yang kadung bocor di internet itu, terkuak pula rencana Microsoft yang akan merilis browser terkuatnya, Internet Explorer 9 versi Beta pada Agustus mendatang. Namun demikian, juru bicara Microsoft enggan berkomentar terkait dokumen Windows 8 tersebut.
Hal tersebut diperkuat alasan Windows 7 yang belum genap setahun diluncurkan. Jadi, mustahil bila Windows 8 meluncur sebelum tahun 2012.
Sementara itu, Matt Rosoff (analisis dari Directions on Microsoft), mengatakan bahwa kebocoran ini adalah upaya Microsoft sendiri untuk mendapatkan masukan apa dari apa yang sedang mereka kerjakan.
5 October 2010 at 00:01 - Comments
Tugas 1

JAM DIGITAL BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51

bil0 equ 20h ; menampilkan angka 0 pada Seven segment
bil1 equ 0ech ; menampilkan angka 1 pada Seven segment
bil2 equ 18h ; menampilkan angka 2 pada Seven segment
bil3 equ 88h ; menampilkan angka 3 pada Seven segment
bil4 equ 0c4h ; menampilkan angka 4 pada Seven segment
bil5 equ 82h ; menampilkan angka 5 pada Seven segment
bil6 equ 2h ; menampilkan angka 6 pada Seven segment
bil7 equ 0e8h ; menampilkan angka 7 pada Seven segment
bil8 equ 0h ; menampilkan angka 8 pada Seven segment
bil9 equ 80h ; menampilkan angka 9 pada Seven segment
bilkosong equ 0ffh ; untuk tampilan kosong (tidak ada nilai yang tampil)

utama:
0000| mov 70h,#0h
0003| mov 71h,#0h
0006| mov 72h,#0h
0009| mov 73h,#0h
000C| mov 74h,#0h
000F| mov 75h,#0h

loop:
0012| mov r0,70h
0014| acall transfer
0016| mov 76h,r1
0018| mov r0,71h
001A| acall transfer
001C| mov 77h,r1
001E| mov r0,72h
0020| acall transfer
0022| mov 78h,r1
0024| mov r0,73h
0026| acall transfer
0028| mov 79h,r1
002A| mov r0,74h
002C| acall transfer
002E| mov 7ah,r1
0030| mov r0,75h
0032| acall transfer
0034| mov 7bh,r1
0036| acall display
0038| inc 70h
003A| mov r2,70h
003C| cjne r2,#09h,loop
003F| mov 70h,#0h
0042| inc 71h
0044| mov r2,71h
0046| cjne r2,#05h,loop
0049| mov 71h,#0h
004C| inc 72h
004E| mov r2,72h
0050| cjne r2,#09h,loop
0053| mov 72h,#0h
0056| inc 73h
0058| mov r2,73h
005A| cjne r2,#05h,loop
005D| mov 73h,#0h
0060| inc 74h
0062| cjne r3,#02h, loop
0065| mov r2,74h
0067| mov r3,75h
0069| cjne r2,#09h,loop

loop1:
006C| dec 75h
006E| mov r2,75h
0070| cjne r2,#02h,loop
0073| mov 75h,#0h
0076| jmp loop

loop2:
0078| cjne r2,#04h,loop
007B| jmp loop1

transfer:
007D| cjne r0,#0h,satu
0080| mov r1,#bil0
0082| ret

satu:
0083| cjne r0,#1h,dua
0086| mov r1,#bil1
0088| ret

dua:
0089| cjne r0,#2h,tiga
008C| mov r1,#bil2
008E| ret

tiga:
008F| cjne r0,#3h,empat
0092| mov r1,#bil3
0094| ret

empat:
0095| cjne r0,#4h,lima
0098| mov r1,#bil4
009A| ret

lima:
009B| cjne r0,#5h,enam
009E| mov r1,#bil5
00A0| ret

enam:
00A1| cjne r0,#6h,tujuh
00A4| mov r1,#bil6
00A6| ret

tujuh:
00A7| cjne r0,#7h,delapan
00AA| mov r1,#bil7
00AC| ret

delapan:
00AD| cjne r0,#8h,sembilan
00B0| mov r1,#bil8
00B2| ret

sembilan:
00B3| cjne r0,#9h,transfer
00B6| mov r1,#bil9
00B8| ret
00B9| jmp utama

display:
00BB| mov sbuf,76h
00BE| jnb ti,$
00C1| clr ti
00C3| mov sbuf,77h
00C6| jnb ti,$
00C9| clr ti
00CB| mov sbuf,78h
00CE| jnb ti,$
00D1| clr ti
00D3| acall tunda
00D5| mov sbuf,79h
00D8| jnb ti,$
00DB| clr ti
00DD| mov sbuf,7ah
00E0| jnb ti,$
00E3| clr ti
00E5| mov sbuf,7bh
00E8| jnb ti,$
00EB| clr ti
00ED| acall tunda
00EF| ret

tunda:
00F0| mov r5,#255

tnd:
00F2| mov r6,#255

td:
00F4| mov r7,#16
00F6| djnz r7,$
00F8| djnz r6,td
00FA| djnz r5,tunda
00FC| ret
end

Keterangan:
Pada program sesungguhnya data yang dimasukkan satu-persatu, namun pemanggilan program tunda hanya dilakukan satu kali setelah mangirim 6 data pada display secara secara beruntun, maka tampilan pada Seven segment terlihat serentak.

Pada program, waktu pertama dimulai jam 00.00.00, maka dalam awal pengoperasiannya perlu menunggu waktu tengah malam supaya jam ini sesuai dengan waktu yang sebenarnya.
Sebelum membahas tentang apa yang xml console, kita harus belajar apa itu xml. XML (Extensible Markup Language) adalah tujuan umum bahasa markup yang direkomendasikan oleh W3C untuk membuat dokumen markup untuk pertukaran data antara sistem yang beragam. XML adalah perluasan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet. XML Jenis
XML memiliki tiga jenis file:
* XML, format standar dari struktur file (file).* XSL, adalah standar untuk memodifikasi data diimpor atau diekspor.* XSD, merupakan standar yang mendefinisikan struktur database dalam XML.
Keuntungan XML
Keuntungan XML dapat diringkas sebagai berikut:
* Smart (Intelijen). XML dapat menangani berbagai tingkat (level) kompleksitas.* Mampu beradaptasi. Dapat beradaptasi untuk menciptakan bahasa mereka sendiri. Seperti Microsoft bahasa membuaat MSXML atau mengembangkan Macromedia MXML.* Mudah pemeliharaan.* Kesederhanaan. XML lebih sederhana.* Mudah dipindah-pindahkan (Portabilitas). XML memiliki kemudahan gerakan (portabilitas), semakin baik.
Contoh dokumen XML sederhana
<? Xml version = "1.0" encoding = "UTF-8"?>
<Resep Nama="roti" waktu_persiapan="5 menit" waktu_masak="3 jam">roti <title> segar </ title><bahan jumlah="3" satuan="cangkir"> Tepung </ bahan><bahan jumlah="0,25" satuan="ons"> Ragi </ bahan><bahan jumlah="1,5" satuan="cangkir"> Air hangat </ bahan><bahan jumlah="1" satuan="sendok teh"> Garam </ bahan><Cara_membuat><langkah> Campur semua bahan dan uleni adonan sampai merata. </ Langkah>Sampul <langkah> dengan kain basah dan diamkan selama satu jam di ruangan yang hangat. </ Langkah><langkah> Ulangi lagi, tempatkan di loyang dan panggang dalam oven. </ Langkah><langkah> Hapus, melayani </ langkah></ Cara_membuat></ Resep>
Sekarang kita akan membahas mengenai apa konsol xml, XML Console memungkinkan batch konversi terpusat, validasi, dan manajemen dokumentasi dan dokumen bisnis skema XML dalam sebuah workgroup. Ini Memberikan pengguna sebuah pusat komando dikonfigurasi untuk organisasi dan pengolahan selanjutnya dari file dokumen XML (lihat gambar layar). Hal ini memberikan pengguna sebuah komando pusat dan dikonfigurasi untuk pengolahan selanjutnya dari organisasi file dokumen XML. Organisasi kaleng sekarang proses tunggal atau kelompok skema dalam semua dialek utama dan muncul skema XML Termasuk DTD, XDR, SOX v.2, BizTalk, dan subset dari XML Schema (XSDL, April 7). Organisasi ini sekarang dapat memproses satu atau skema kelompok dalam semua dialek utama dan muncul skema XML, termasuk DTD, XDR, SOX v.2, BizTalk, dan subset dari XML Schema (XSDL, April 7). XML Console Menyediakan perusahaan kontrol yang luar biasa untuk pelaksanaan efisien dari inisiatif XML internal maupun dengan mitra dagang. XML Console memberikan perusahaan kontrol luar biasa untuk implementasi yang efisien dari inisiatif XML internal maupun dengan mitra dagang.
XML Console tersedia untuk 95/98/NT/2000 Windows, Unix, dan platform Macintosh. XML Console yang tersedia untuk platform Windows 95/98/NT/2000, Unix, dan Macintosh.
Untuk program yang menggunakan konsol xml dapat ditemukan di nimbuzz. Di Nimbuzz Anda dapat mencoba bermain dengan konsol xml, gunakan untuk menjadi moderator, bermain spam, atau membuat chat room.
Contoh script xml yang ada di Bombus (Bombus adalah salah satu aplikasi nimbuzz)
<priority> <presence> 1 </ prioritas> </ kehadiran> <presence type='unavailable'> <priority> 1 </ prioritas> </ kehadiran> <keberadaan untuk = "nama_room@conference.nimbuzz.com / nick_name_kamu_ke- 1 "> <priority> 1 </ prioritas> </ kehadiran> <presence to="nama_room@conference.nimbuzz.com/nikc_name_kamu_ke-1"type="unavailable"/> <presence> <priority> 1 </ prioritas> </ kehadiran> <presence type='unavailable'> <priority> 1 </ prioritas> </ kehadiran> <presence to="nama_room@conference.nimbuzz.com/nick_name_kamu_ke-2"> <priority> 1 </ prioritas> </ kehadiran> <presence to="nama_room@conference.nimbuzz.com/nikc_name_kamu_ke-2"type="unavailable"/> <presence> <priority> 1 </ prioritas> </ kehadiran> <kehadiran jenis = 'tidak tersedia' > <priority> 1 </ prioritas> </ kehadiran> <presence to="nama_room@conference.nimbuzz.com/nick_name_kamu_ke-3"> <priority> 1 </ prioritas> </ kehadiran> <keberadaan untuk = "nama_room @ conference.nimbuzz.com/nikc_name_kamu_ke-3 "type =" tidak tersedia "/>
Pada dasarnya untuk menemukan monitor atau layar lcd murah dan memiliki layar yang baik cukup sulit. Kita harus pintar memilih karena banyak di pasar yang monitor atau layar LCD berkualitas tinggi tetapi juga harga yang lebih tinggi, atau bahkan biasanya memiliki kualitas yang biasa saja tapi harga di luar tinggi, mungkin disebabkan oleh merek monitor.Mari kita membahas tentang monitor. Monitor adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan layar komputer. Bentuk monitor yang saat ini lebih tipis dan disebut oleh LCD, tapi bagaimana untuk bekerja dengan monitor LCD berbeda. Kami akan membahas tentang cara kerja monitor, kelemahan monitor, dan memantau perubahan yang akan terjadi di masa depan atau masih dalam imajinasi kita.Pergi ke diskusi pertama tentang cara kerja monitor monitor terutama konvensional atau CRT (Cathode Ray Tube). Cara kerja monitor CRT atau monitor konvensional umumnya sama dengan cara kerja CRT berbasis televisi. Yaitu elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung dilapisi elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk casting cahaya. Berkas elektron melewati serangkaian magnet kuat yang turn-ray dikemudikan ke arah bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam. Setelah balok adalah sampai ke TV atau monitor tabung kaca, ia akan menerangi lapisan neon, menyebabkan beberapa tempat menyala sementara. Setiap piksel merupakan tempat tertentu tertentu. Dengan mengontrol tegangan dari sinar, menciptakan teknologi yang dapat mengatur piksel untuk bersinar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari piksel, dapat dibentuk gambar.
Secara teori, untuk membentuk sebuah gambar, sinar itu menyapu garis horizontal dari kiri ke kanan, menyebabkan piksel yang diterangi dengan intensitas cahaya sesuai dengan tegangan yang telah diatur. Proses ini terjadi pada semua garis horizontal yang ada di layar pixel, dan ketika telah sampai akhir, sinar tersebut akan mati sementara untuk mengulang proses yang sama untuk menghasilkan gambar yang berbeda. Jadi kita dapat melihat objek seolah-olah bergerak di layar televisi atau monitor.Setelah membahas cara kerja monitor, sekarang kita membahas kelemahan dari monitor. Banyak kelemahan monitor adalah:• Dapat menyebabkan efek bahwa radiasi dapat menyebabkan efek yang tidak baik untuk kesehatan• Memiliki dimensi yang mengambil ruang cukup besar. Apalagi jika dimensi yang sangat besar.• Potensi efek yang mengganggu mata berkedip.• Membutuhkan listrik adalah energi yang tinggi. Lebih tinggi dari layar LCD.• Sinyal masih menggunakan sinyal analog.• area tampilan tidak optimal karena harus dialokasikan untuk bezel atau frame• Bentuknya yang kurang nyaman untuk dilihat sebagai terlalu besar dan tidak menyimpan kamar.Setelah kita mengetahui semua kelemahan dari monitor CRT, kita beralih untuk membahas apa yang akan terjadi di masa depan. Mungkin itu semua bisa hilang kelemahan dan menciptakan produk yang sangat efisien atau monitor diganti dengan nama dan produk baru. Mungkin bisa juga memiliki produk yang terlihat lebih fleksibel, ringan, dan kualitasnya lebih baik daripada terobosan terkenal LCD monitor CRT. Jangan lupa untuk juga memonitor masa depan tidak menyebabkan radiasi yang dapat merusak kesehatan atau penyebab yang dapat mengganggu mata berkedip. Dan juga kekuatan listrik yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi sehingga dapat meminimalkan pengeluaran biaya listrik.
Operating System In computer science we often hear the word operating system (OS). The operating system is a software that served to make the control and management as well as the basic hardware of the system, which is to run software applications.
The outline of the operating system software located on the first layer in the computer memory when the computer starts up. While other software is run after the operating system running. So practically the operating system is the liaison between the software.
Operating systems generally consist of several parts:
• boot mechanism, which serves to put the kernel into memory
• Kernel, the core of an operating system
• Command interpreter or shell, serves as reader input from users
• Library-library, which is functioning as a provider
Examples of operating systems
In Indonesia, the operating system used on the pc, laptops and other divided into 3 major groups namely:
• The first is a group of microsoft is the most widely used in Indonesia, even in the world. Among others, consists of some of his time OS that famous eg Windows Desktop Environment (version 1.x to version 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, and Windows ME), and Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven), which was released in 2009, and Windows Orient that will be released in 2014)
• The second was a group of linux. Linux is an example of open source software but the quality is no less than any other paid software. Linux is in great demand because of the Linux hackers are not familiar with his Win32 executables files, making it more likely the virus was 0%. More stable than any other OS. All applications for free or open source. And make us learn to use the terminal. From the last reason it is not wrong to choose linux hackers. Actually linux unix OS belonged, but in Indonesia OS unix not so famous, famous here is linux. Another example of the Unix OS is SCO UNIX, family BSD (Berkeley Software Distribution), GNU / Linux, MacOS / X (BSD-based kernel is modified, and known by the name of Darwin) and GNU / Hurd.
• The third is the Mac OS. Mac OS is an operating system apple output is usually called Macintosh.
How to super computers? Super computer was a lot of operating systems make use of different, usually they use the operating system that is a derivative of Unix developed by IBM AIX or HP / UX.
How it Works operating system
In modern operating systems, at one time not all programs loaded in memory, but only one part of the program. While other parts of the program remains rest in disk storage media. Only in times of need only, part of the program is loaded in memory and executed by the processor. This is to save memory consumption.
Some systems run only one single process at a time, while others run multi-process at a time. Though most of the computer system has only one processor, and a processor can only execute one instruction at a time. So how a single processor system to run multi-process? Surely, in a very small granularity, the processor only runs one process at a time, then quickly he moved to run other processes, and so on. So for users of human vision and feeling, as if the processor run multiple processes simultaneously.
Each process in an operating system to get a PCB (Process Control Block) which includes information about the process, namely: an identification process (Process ID) a unique identity and become the number, status of the process, the process execution priority and location information in the memory process . Priority process is a value or quantity that indicates how often the process must be executed by the processor. The process that has a higher priority, will be run more often or more were executed earlier than the lower-priority process. An operating system can only determine all processes with the same priority, so that each process has the same opportunity. An operating system can also change the priority value of a particular process, so that the process will be able to have a greater chance at the next execution (for example: the process that was already too long to wait for execution, the operating system to increase the value priorities).
Lisensi perangkat lunak adalah lisensi, hak dan pembatasan penggunaan pada perangkat lunak tertentu. Penggunaan perangkat lunak tanpa lisensi dapat dianggap pelanggaran pemilik hak kepemilikan di bawah hukum hak cipta atau, kadang, paten dan memungkinkan pemilik untuk menuntut.Sebuah perusahaan software untuk menawarkan lisensi perangkat lunak secara sepihak (tanpa memberikan kesempatan bagi penerima lisensi untuk menegosiasikan persyaratan yang lebih menguntungkan) seperti dalam kontrak shrink wrap, atau bahkan sebagai bagian dari perjanjian lisensi perangkat lunak dengan pihak lain. Hampir semua perangkat lunak berpemilik yang diproduksi massal dijual dalam satu bentuk atau gaya perjanjian lisensi perangkat lunak.Jenis-jenis lisensi perangkat lunakMenurut Microsoft dalam "The Dokumen Halloween", ada beberapa jenis lisensi yang dapat digunakan untuk program komputer. Beberapa jenis lisensi meliputi:
Lisensi Komersialadalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti Microsoft dengan Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain-lain. Software yang diciptakan dengan lisensi ini dibuat untuk tujuan komersial sehingga user yang ingin menggunakannya untuk membeli atau mendapatkan izin untuk menggunakan dari pemegang hak cipta.
Percobaan Lisensi Perangkat Lunakadalah jenis lisensi yang biasa ditemui dalam perangkat lunak untuk demo dari perangkat lunak sebelum itu dirilis kepada publik atau biasanya sudah diluncurkan tetapi memiliki masa aktif terbatas. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan software tersebut secara bebas. Namun karena demo, seringkali software dengan lisensi ini tidak memiliki fungsi dan fasilitas sebagai versi komersial lengkap. Dan biasanya dibatasi oleh masa aktif tertentu.
Non-Komersial Penggunaan Lisensibiasanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu di bidang yayasan pendidikan atau sosial. Yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan batasan-batasan tertentu pada penggunaan.
Lisensi Sharewarememungkinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta. Berbeda dengan Trial Software, lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur lengkap. Lisensi jenis ini biasanya ditemukan di perusahaan software kecil.
Lisensi Freewarebiasanya ditemukan di perangkat lunak yang mendukung, memberikan fasilitas tambahan atau memang free / gratis. Contoh yang didukung termasuk tambahan plug-in yang biasanya menempel pada orang tua seperti perangkat lunak Eye Candy yang menempel pada Adobe Photoshop.
Royalti Bebas Lisensi Binari
mirip dengan lisensi freeware, hanya produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan perangkat lunak yang berdiri sendiri.
Lisensi Open source software (Open Source)Perangkat lunak sumber terbuka (Open Source Software) adalah jenis perangkat lunak kode sumber terbuka untuk dipelajari, dimodifikasi, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, perkembangannya umumnya dilakukan oleh sebuah komunitas terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak yang bersangkutan. Anggota masyarakat sering sukarela tetapi dapat juga karyawan perusahaan yang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak. Produk perangkat lunak yang dihasilkan biasanya bebas dengan norma pelukan permanen tertentu dan etika. Semua perangkat lunak bebas adalah perangkat lunak open source, tetapi perangkat lunak open source mungkin tidak perangkat lunak bebas, tergantung pada aturan yang digunakan dalam perangkat lunak open source untuk lisensi. Serupa dengan perangkat lunak bebas, perangkat lunak open source adalah perangkat lunak yang juga dapat diperoleh dan didistribusikan secara bebas. Berbeda halnya dengan perangkat lunak bebas yang mungkin tidak diizinkan untuk melihat kode asli, perangkat lunak sumber terbuka dapat dibaca kode pemrograman sesuai aslinya. Kode pemrograman juga dapat diubah, dimodifikasi dan dikembangkan oleh kami dengan memperhatikan aturan yang berlaku sesuai dengan lisensi perangkat lunak. Sebagai contoh untuk memahami perbedaan antara kedua jenis perangkat ini dapat diilustrasikan misalnya perusahaan Microsoft pada saat membuat salah satu produknya menjadi perangkat lunak bebas. Ini berarti siapa pun bisa mendapatkannya secara gratis. Tapi Anda tidak diizinkan untuk kemudian memodifikasi dan mengembangkan produk perangkat lunak.Dapat disimpulkan, perangkat lunak open source tentu perangkat lunak bebas, namun sebaliknya perangkat lunak bebas belum tentu merupakan perangkat lunak open source.
Opensource Contoh:
• Sistem operasi: GNU / Linux, BSD, Darwin, dan OpenSolarimpilator GCC, GDB debugger dan C libraries• Server: BIND name server, Sendmail mail yang transportasi, Apache HTTP Server, dan Samba server File• RDBMS: MySQL dan PostgreSQL• Pemrograman bahasa: Perl, PHP, Python, Ruby dan Tcl• GUI: X Window System, GNOME, KDE, dan Xfcemirip dengan lisensi freeware, hanya produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan perangkat lunak yang berdiri sendiri
Dalam dunia jaringan sosial, terutama Facebook, pasti sudah akrab dengan istilah phishing. Tidak hanya di dunia jaringan sosial di perbankan tetapi juga phishing ketenaran. Metode phishing adalah hacker metode untuk mencuri password atau account. Misalnya mencuri rekening bank atau password di facebook. Phishing adalah metode di mana hacker membuat halaman palsu dengan url yang mirip dengan halaman asli dan alamat IP yang berbeda dan desaign mirip dengan aslinya.

Kita tidak akan membahas phishing lebih lanjut, tetapi apa yang kita bahas di sini adalah pharming. Setelah ketenaran phishing panjang, sekarang dunia internet kaget lagi dengan istilah baru yang mirip dengan phishing adalah pharming. Pharming acara mengeksploitasi kerentanan dalam perangkat lunak server DNS yang disebabkan oleh kode berbahaya. Kode ini memungkinkan cybercrime terkontaminasi ke PC dengan mengalihkan lalu lintas dari satu alamat IP ke alamat IP ia ditentukan. Jadi pharming bisa disebut juga sebagai sarana mengacu phishing.

Cara kerjanya pharming adalah mengubah file host di windows. Host file tersebut berada di C: \ windows \ system32 \ drivers \ etc
Misalnya, jika kita membuka facebook.com maka kita akan diarahkan ke IP 79.106.2.131 adalah situs IP adalah facebook palsu. Jadi jika kita memasukkan account kita ke alamat tersebut maka secara otomatis account kita dapat dibaca oleh hacker.

Phillip Hallam-Barker, seorang ilmuwan di VeriSign, mengatakan bahwa potensi bahaya yang disebabkan oleh pharming sangat tergantung pada respon dari mereka yang bertanggung jawab dalam kasus kontrol teknologi. "Jika kita tidak menangani masalah DNS keamanan serius, suatu hari kita akan mendapatkan batu."

sumber: http://layanangananet.blogspot.com/2010/09/phishing-dan-pharmingwaspadalah.html

http://www.klipang.com/waspadai-pharming-tekhnik-terbaru-maling-online
Database atau database yang sering dieja, adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database.
Bagaimana database dengan sistem database dengan menggunakan komputer? Ini adalah sama dengan database yang manual (buku telepon misalnya) hanya saja dengan komputer, informasi dalam database akan sangat mudah untuk diperbarui dan sangat cepat untuk pencarian. Software atau aplikasi yang bertanggung jawab untuk mengatur, menyimpan, memodifikasi data disebut dengan software database engine dan lebih resminya disebut DBMS (Database Management System).contoh mesin database aplikasi seperti:
SQL Server, dibuat oleh Microsoft.MS Access, dibuat oleh Microsoft.Oracle Database, dibuat oleh Oracle.MySQL, diciptakan oleh MySQL AB.Firebird, dibuat oleh komunitas open source dengan kode Interbase.PostgreSQL, dibuat oleh komunitas open source.DB2, dibuat oleh IBM.
Sistem persediaan, akan membutuhkan database untuk menyimpan data persediaan, termasuk memperbarui data persediaan dan sebagainya.Contoh di atas adalah hanya sebagian kecil dari aplikasi yang membutuhkan database karena fakta bahwa aktivitas bisnis yang membutuhkan sistem database sebagai media penyimpanan komputer. Database hanya digunakan untuk menyimpan data transaksi juga akan digunakan untuk melihat laporan yang dapat digunakan oleh manajemen sebagai sumber untuk pengambilan keputusan. Untuk sistem database yang lebih canggih bahkan sekarang sudah ada fasilitas data analisis sehingga dapat memprediksi situasi akan terjadi berdasarkan data yang ada.
Apa yang kita bahas di sini adalah betapa pentingnya peran database dalam bidang jasa komputer. Kita tahu bahwa peran database sangat penting bagi kami. Dilihat dari fungsi database untuk menyimpan data. Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan database sangat sering kita temui, baik itu di supermarket, di mana layanan komputer, dan lainnya. Mari kita membahas masalah betapa pentingnya database di bidang jasa komputer. Kita tahu bahwa dalam pelayanan komputer tidak hanya untuk melakukan atau memperbaiki komputer tetapi juga menjual barang jika diperlukan untuk orang yang datang untuk melayani komputer. Nah, di sinilah pentingnya database di bidang jasa komputer. Database pada komputer umumnya layanan yang sama dengan database di supermarket yang digunakan untuk menganalisis produk yang telah dijual. Sebagai contoh, jika database menunjukkan penjualan barang meningkat secara dramatis, maka manajer dapat mengatur target atau rencana untuk sukses perusahaannya, misalnya dengan menambahkan item yang dijual sebagian besar periode 1 minggu dan lainnya.
Nah, sekarang apa yang terjadi jika database tidak ditegakkan?Bisa jika sebuah toko layanan komputer tidak menggunakan database pada kerja sistem, yaitu dengan menggunakan buku tamu dan menggunakan catatan tertulis dan dikumpulkan setiap kali transaksi. Buku tamu digunakan untuk menghitung berapa banyak pelanggan yang datang setiap hari. sedangkan catatan yang digunakan untuk menganalisis bagaimana jumlah barang yang dijual dan barang apa yang paling disukai oleh pelanggan.Memang, jika tidak menggunakan database akan sulit dan terlalu rumit dan memakan waktu. Tapi itu adalah cara laen jika sesuatu tidak memungkinkan manajer untuk menggunakan database.
E-bisnis adalah proses bisnis yang bergantung pada sistem informasi. Sementara e-commerce adalah transaksi bisnis di mana penjual dan pembeli bertemu pada jaringan di intenet. Jadi dapat ditafsirkan bahwa e-commerce adalah membeli atau menjual menggunakan Internet. Apakah e-commerce dengan e-bisnis bersama?Kedua istilah e-commerce dan e-bisnis jika tidak dipahami terlebih dahulu akan membuat diskusi tentang e-commerce itu sendiri berputar dan tidak sistematis. Hal ini disebabkan kebingungan menentukan istilah yang paling tepat untuk mewakili konsep perdagangan dengan cara elektronik.
Perbedaan mendasar antara e-commerce dan e-bisnis adalah bahwa tujuan dari e-commerce benar-benar berorientasi uang (berorientasi pada perolehan uang), sementara e-bisnis berorientasi kepentingan jangka panjang yang abstrak, seperti kepercayaan konsumen, layanan kepada konsumen, aturan kerja, hubungan antara mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
Jelas berbeda dalam e-commerce ICT digunakan dalam transaksi antar-organisasi atau antar perusahaan, biasanya disebut bisnis-ke-bisnis, transaksi perusahaan dengan pemerintah atau sering disebut bisnis-ke Pemerintah, transaksi perusahaan / organisasi untuk pelanggan atau sering disebut konsumen ke konsumen, dan mobile commerce. Sementara e-bisnis ICT digunakan dalam proses produksi dan operasi perusahaan.
Yang pertama, yang meliputi pengawasan terhadap proses produksi produksi, stok dan mengisi kembali, pembayaran, komunikasi dengan pemasok, dan lainnya. Yang kedua adalah layanan pelanggan, termasuk dukungan pelanggan dan layanan pelanggan, pemasaran, penjualan melalui internet dan lainnya. Yang terakhir adalah perusahaan manajemen mencakup layanan kepada karyawan, pelatihan karyawan, perekrutan karyawan dan lainnya.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan sendiri produk, tetapi dengan tim manajemen, pengiriman tepat waktu, pelayanan yang baik, struktur organisasi bisnis yang baik, infrastruktur jaringan dan keamanan, desain situs web yang baik, beberapa faktor yang meliputi :
1. Memberikan harga yang kompetitif2. Menyediakan jasa pembelian responsif, cepat, dan ramah.3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang komprehensif dan jelas.4. Memberikan bonus lebih seperti kupon, penawaran khusus dan diskon.5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lainnya.7. Memfasilitasi kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
* E-mail dan olah pesanContent Management Sistem ** Dokumen, spreadsheet, database* Akuntansi dan sistem keuangan* Pengiriman dan memesan Informasi* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise* Domestik dan internasional sistem pembayaran* Newsgroup* On-line Belanja* Conferencing* Online Banking
Manfaat e-commerce bagi pelanggan meliputi:* Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.* Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan, mereka dapat memilih berbagai produk dari banyak vendor.* Electronic commerce menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.* Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk digital, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.* Pelanggan dapat menerima informasi yang relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggi.* Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).* Electronic commerce menyediakan tempat bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran dan pengalaman.* Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
Manfaat e-commerce bagi masyarakat:* Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, hasil ini akan mengurangi arus lalu lintas di jalan dan mengurangi polusi udara.* Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu membeli lebih banyak dan memperbaiki kehidupan mereka.* Electronic commerce memungkinkan orang di negara dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Hal ini juga termasuk kesempatan untuk belajar profesinya dan memperoleh gelar akademis.* Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan pelayanan sosial dari pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, dapat menajangkau pasien di daerah pedesaan.
Manfaat e-commerce bagi bisnis:* Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Oleh karena itu, dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.* E-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan internet yang melakukan bisnis akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
Sementara Manfaat Pelaksanaan E-Business Antara lain:
• Meningkatkan kinerja operasional perusahaan,• Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan pendanaan sangat luas,• Meningkatkan efisiensi perusahaan,• Menyederhanakan manajemen aset perusahaan• Meningkatkan kualitas layanan pelanggan,• Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder,• Mengatasi kesenjangan digital,• Media promosi kompetensi perusahaan,• Memperlancar kegiatan ekonomi,• Memperlancar transaksi bisnis,• Dukungan penyebaran informasi secara luas,• dll.
Di bidang jasa komputer, ada beberapa masalah seperti jumlah pelanggan yang layanan komputer tidak memenuhi target, penjualan aksesoris komputer yang kurang dari target yang ditetapkan. Kurangnya promosi di daerah tersebut. Dan juga barang yang dijual tidak lengkap sampai pelanggan tidak menemukan apa yang mereka cari atau mereka butuhkan. Kerja sistem yang kurang pas di bidang tersebut. Contoh ne isu dibahas di atas adalah misalnya jika promosi ini disediakan oleh pemilik perusahaan x kurang, orang yang agak jauh dari tempat di mana komputer layanan tidak tahu apa itu berdiri di sana adalah layanan komputer yang disebut x. Meskipun dimiliki oleh teknisi perusahaan x tersebut yang baik tetapi jika orang tidak tahu lokasi atau tempat pelayanan, perusahaan tidak akan sampai ke lebih dari biasanya.
Solusinya adalah dengan meningkatkan segala bentuk promosi yang dilakukan, seperti menempel stiker di tempat-tempat keramaian atau membuat brosur dan didistribusikan di wilayah atau kota di mana layanan komputer berada. Memilih teknisi terbaik juga merupakan solusi untuk meningkatkan pendapatan dan kepercayaan pelanggan. Kalikan jika produk yang paling dicari oleh masyarakat. Misalnya, sekarang yang paling dicari pelanggan adalah hard drive, kemudian disalin produk hard drive sebagai pembelian ditargetkan yang telah diperkirakan melalui sistem database.
Disk drive magnetik konvensional diramalkan bisa memiliki kapasitas penyimpanan hingga satu terabyte (1.000 byte) per inci perseginya. Hal itu dikatakan oleh Ed Grochowski, program manager IBM Corp. Drive standar yang ada saat ini hanya menyimpan sekitar 20GB per inci perseginya.

Sebelumnya, diperkirakan kepadatan penyimpanan magnetik hanya terbatas sampai 40GB per inci perseginya, akibat dari efek supermagnetik, tegangan yang disebabkan oleh ketidak-stabilan panas yang dihasilkan dari elemen-elemen kecil yang ada pada permukaan disk.

Menurut Grochowski, pandangan ini pesimis, mengingat sejumlah teknologi baru saat ini terus berusaha menggandakan kepadatan penyimpanan disk tiap tahunnya.

Di antara pengembangan-pengembangan yang cukup menjanjikan - salah satunya akan segera dipasarkan - adalah media antiferromagnetic coupled (AFC) yang digunakan sebagai permukaan media disk. Dengan melapisi film ferromagnetik di atas film antiferromagnetik, dan dipisahkan oleh film peralihan dari bahan ruthenium, parameter kunci seperti measure of remanence thickness (Mrt) bisa ditingkatkan. Ini memungkinkan lebih banyak bit bisa disimpan dengan stabil di ruang yang ada serta meningkatkan kapasitas penyimpanan.

"Teknologi ini akan segera bisa dinikmati," katanya pada sebuah presentasi Diskcon Asia. "Kemungkinan ke arah 200GB per inci persegi sangat besar."

Teknologi penting lainnya adalah perpendicular recording. Dengan teknologi tersebut, kutub magnetik yang digunakan untuk menyimpan bit data dijajarkan secara tegak lurus pada permukaan disk, sehingga lebih banyak bit yang bisa disimpan karena gangguan magnet yang diakibatkan karena bit-bit saling berdekatan, bisa dikurangi.

Untuk meningkatkan penulisan bit pada disk, akan digunakan sistem yang penulisannya dibantu oleh panas. Dengan sistem ini, laser akan memanaskan titik-titik pada disk di mana bit data akan ditulis. Sistem ini mengurangi arus dan medan magnet yang dibutuhkan untuk menulis bit data, dan sekali lagi berarti bit-bit itu bisa disimpan lebih berdekatan satu sama lain.

Pada saatnya nanti, media disk akan diberi pola, dan tidak lagi hanya memiliki permukaan yang homogen. Pola bit akan digoreskan dengan litografi atau tekanan ion, sehingga bit-bit bisa terisolasi dari medan magnet tetangganya. Struktur ini memungkinkan sebuah butiran logam magnetik menyimpan satu bit data.

"Masih banyak kesempatan untuk mengembangkan disk drive magnetik, dan AFC merupakan teknologi yang pertama," kata Grochowski. "Kita akan mencapai kemajuan yang sangat pesat dalam 10 tahun mendatang, bahkan lebih. Satu terabyte per inci persegi sangat mungkin dicapai dengan teknologi ini."

Sumber : http://www.infokomputer.com
» CMOS, Mengapa komputer saya selalu kembali ke Setup Prompt CMOS setiap menyalakan komputer ?
Biasanya hal ini terjadi jika baterai CMOS sudah hampir habis atau setting BIOS yang salah. Namun kadang beberapa peripheral yang teroverclock juga bisa menyebabkan hal ini terjadi.

» Restart, Mengapa motherboard saya sering restart mendadak ?
Biasanya hal ini terjadi jika ada masalah dengan RAM. Sebaiknya coba ganti dengan RAM yang lain sebagai bahan percobaan.

» USB Port, Mengapa motherboard saya tidak mendeteksi USB padahal memiliki port USB ?
Anda bisa masuk ke CMOS setup untuk mengaktifkan menu USB, disana terdapat beberapa option seperti enable / disable USB.

» Onboard Audio, Apakah onboard Audio itu jelek ?
Tidak juga, jika anda pengguna yang menggunakan komputer untuk mengetik, nonton VCD, atau sekedar game ringan, onboard audio merupakan solusi murah yang bisa dipakai. Biasanya pada beberapa motherboard audio ini bisa di-disable, ketimbang onboard vga.

» Onboard VGA, Apakah onboard VGA itu jelek ?
Sama seperti diatas, jika anda pengguna yang menggunakan komputer untuk mengetik, nonton VCD, atau sekedar game ringan, onboard VGA merupakan solusi murah yang bisa dipakai. Biasanya pada beberapa motherboard vga ini tidak bisa di-disable.

» Socket, Apa sih perbedaan socket socket 423, socket 370, socket 7, socket A, socket 2, slot 1, dan slot A ?
Perbedaan tersebut timbul dari beragamnya prosesor yang disediakan, berikut adalah rinciannya :
Socket 423, support prosesor Intel Pentium IV.
Socket 370, support prosesor Intel Celeron / Pentium III maupun Via Cyrix III.
Socket 7, support prosesor Intel Pentium MMX, AMD K62/3, dan Via Cyrix.
Socket 2, support prosesor Xeon baik Pentium II maupun III.
Socket A, support prosesor AMD Duron dan Athlon Thunderbird.
Slot 1, support prosesor Intel Pentium II / III dan Celeron (dengan converter socket 370).
Slot A, support prosesor AMD Athlon seri pertama.
ALLEN, PAUL : salah seorang pendiri Microsoft, sahabat dekat Bill Gates sejak masa kanak-kanak. Kini ia mempunyai perusahaan perangkat lunak sendiri bernama Asymetrix.

ATKINSON, BILL : salah satu pemrogram pada tim awal Macintosh di Apple. Atkinson juga mengembangkan program MacPaint dan HyperCard tyang populer.

BALLMER, STEVE : sahabat Gates dari Harvard yang bergabung dengan Microsoft pada 1980. Pada 1984 ia ditugasi menangani perangkat sistem lunak.

BLUMENTAL, JABE : direkrut oleh Microsoft pada 1982 untuk membantu Jeff Raikes untuk memasarkan Multiplan. Ia menuliskan spesifikasi untuk Excel dan membantu merancang Works.

BRAINERD, PAUL : presiden Aldus. Ia menciptakan istilah Desktop Publishing dengan mengembangkan PageMaker, program aplikasi yang memungkinkan penguna menghasilkan dokumen tercetak berkualitas profesional dengan PC (Personal Computer/Komputer Pribadi) atau Macintosh dan printer laser.

BRICKLIN, DAN : pengembang (dengan Bob Frankston) VisiCalc, lembar kerja elektronik pertama yang juga merupakan aplikasi mikrokomputer pertama yang amat berhasil. Pada 1979, ia dan Frankston mendirikan Software Arts. Setelah Software Arts bubar pada 1985, ia bekerja untuk beberapa bulan sebagai konsultan untuk Lotus, lalu ia mendirikan sebuah perusahaan penerbit
perangkat lunak bernama Software Garden.

BUNNEL, DAVID : editor buletin yang khusus membahas komputer Altair. Pada 1983, ia mulai menerbitkan majalah PC World.

CANION, ROD : memndirikan Compaq pada tahun 1982. Dalam waktu tiga tahun Compaq masuk di dalam daftar Fortune 500.

ESTRIDGE, PHILIP “DON” : kepala proyek PC IBM mulai sejak awal pada 1980 sampai kematiannya pada 1985 dalam kecelakaan pesawat terbang.

FRANKSTON, BOB : pengembang (dengan Dan Bricklin) VisiCalc dan salah seorang pendiri Software Arts. Ketika Software Arts bubar, Frankston bekerja untuk Lotus sebagai kepala ilmuwan divisi ilmu-ilmu informasi.

FYLSTRA, DAN : pimpinan Personal Software, perusahaan yang memasarkan VisiCalc mulai 1979. Personal Software berubah namanya menjadi VisiCorp pada 1982.

GATES, BILL : salah seorang pendiri dan chief executive officer Microsoft Coorporation. Sekaligus tokoh terkaya di dunia.

GAUDETTE, FRANK : kepala bagian keuangan Microsoft. Dialah yang mengatur segala sesuatu di Microsoft ketika perusahaan itu akan melakukan penawaran umum perdananya.

HALLMAN, MICHEAL : presiden Microsoft yang menggantikan Jon Shirley pada 1990.

HERTZFELD, ANDY : pemrogram utama sistem operasi Macintosh dan pengarang program Switcher untuk Macintosh. Switcher memungkinkan pengguna membuka beberapa program secara bersamaan.

JOBS, STEVE : salah seorang pendiri Apple Computer, bertanggung jawab terhadap proyek Macintosh. Ia mengundurkan diri dari Apple pada tahun 1985 setelah dewan direksi menggesernya dari tanggung jawab manajemen. Jobs mendirikan NeXT Inc, yang merilis komputer pertamanya pad Oktober 1988.

KAPOR, MITCH : pendiri Lotus Development Corporation. Pada 1986 ia meninggalkan Lotus untuk mempelajari artificial intelligence dan membentuk sebuah perusahaan baru.

KILDALL, GARY : pendiri Digital Research pada 1976 dan pengembang CP/M, sistem operasi mikrokomputer pertama.

LUBOW, MIRIAM : salah seorang karyawan pertama Microsoft. Pada 1977, ia bekerja pada Microsoft sebagai sekretaris Bill Gates. Ia berhenti dari Microsoft pada 1990 untuk bekerja pada Paul Allen.

MARKKULA, MIKE : pencipta pertama pada Apple Computer pada 1976. Ia mengepalai Apple dari 1981 sampai 1983.

NISHI, KAZUHIKO : penggemar komputer dari Jepang yang mengepalai Microsoft Jepang sampai 1986. Ia juga kepala ASCII Corporation.

OLSEN, KEN : pendiri Digital Equipment Corporation (DEC) dan pencipta minikomputer.

OSBORNE, ADAM : penerbit buku-buku pertama mengenai mikrokomputer pada 1970-an dan pendiri Osborne Computer pada 1980, Komputer Osborne adalah komputer portabel yang pada awal-awalnya terjual baik namun bangkrut setelah dua tahun bisnisnya.

PATTERSON, TIM : pengarang QDOS (Quick and Dirty Operating System), pendahulu Microsoft DOS. Pada 1980, ia meninggalkan Seattle Computer Products untuk bekerja di Microsoft untuk mengadaptasi DOS agar sesuai dengan spesifikasi IBM.

RAIKES, JEFF : direktur pemasaran untuk divisi aplikasi Microsoft sejak 1984. Ia meninggalkan Apple untuk bergabung dengan Microsoft pada tahun 1981. Di sini ia mulai menggarap Multiplan dan Word.

RASKIN, JEF : pemimpin awal proyek Macintosh.

RATLIFF, C. WAYNE : pengembang dBase II, dBase III, dan dBase III Plus, manajer basis data AshtonTate yang amat laris. ROBERTS, ED : presiden MITS yang pada tahun 1975 memproduksi Altair, salah satu mikrokomputer pertama.

SACHS, JONATHAN : salah satu pengembang 1-2-3, lembar kerja elektronik yang diterbitkan Lotus.

SCULLEY, JOHN : CEO Apple Computer sejak 1983.

SHIRLEY, JON : presiden Microsoft mulai dari 1983 sampai 1990. Sebelum bergabung dengan Microsoft, ia bekerja di Tandy selama 25 tahun.

SIMONYI, CHARLES : direkrut oleh Microsoft pada 1980, ia arsitek utama kelompok pemrogram untuk Multiplan, Excel dan Word.

WARNOCK, JOHN : pengarang PostScript dan pendiri Adobe.

WIGGINTON, RANDY : pengarang MacWrite, program pengolah kata yang di-bundle dengan Macintosh ketika pertama kali diperkenalkan.

WOZNIAK, STEVE : mendirikan Apple dengan Steve John, dan perancang komputer Apple pertama.
APPLICATION : perangkat lunak yang digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu, seperti melakukan perhitungan akuntansi, mengolah kata (menulis surat, perjanjian, dll.), atau menggambar (pekerjaan bersifat grafis).
ASCII : American Standard Code for Information Interchange. Kode standar yang digunakan sebagai representasi dalri teks di dalam komputer atau untuk saling bertukar teks antar komputer satu dengan komputer lain. ASCII terdiri dari 255 kode yang menjadi representasi semua teks karakter dan beberapa non-printing (control) characters.

ASSEMBLY LANGUAGE : bahasa pemrograman komputer low-level. Assembly language berinteraksi langsung dengan perangkat keras komputer.

BASIC : Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code. Bahasa pemrograman high-level. Pada tahun 1964, John Kemeney dan Thomas Kurtz merancang BASIC sebagai bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Karena kesederhanaannya, BASIC cepat diterima sebagai bahasa pemrograman bagi mikrokomputer.

BENCHMARK TEST : serangkaian tes yang dilakukan pada sistem atau perangkat lunak komputer unutk mengukur performanya dibandingkan dengan sistem atau perangkat lunak lain yang serupa.

BIOS : Basic Input-Output System. Bagian dari sistem operasi tertentu, seperti CP/M dan DOS yang terdiri dari drivers dan perangkat lunak lain yang dirancang untuk mengelola perangkat periferal, seperti monitor, disk drive, dan printer.

BIT : kependekan dari “binary digit”. Unit informasi terkecil yang dapat disimpan komputer. Bit bisa berupa nilai 1 atau 0. Delapan bit sama dengan satu byte.

BUG : kekeliruan pemrograman yang dapat menyebabkan suatu program atau sistem berfungsi secara tidak benar atau crash (tidak dapat digunakan).

BUNDLE : praktek penjualan aplikasi dan komputer secara bersamaan dalam suatu upaya promosi.

BUS : alur yang digunakan untuk menyalurkan data pada suatu komputer. Bus adalah satu set hubungan elektris atau elektronik antara mikroprosesor dan perangkat keras lain, seperti disk drive, papan logik, dsb.

BYTE : ukuran memori komputer atau kapasitas disk. Satu byte sama dengan delapan bits dan dapat menyimpan satu karakter ASCII, yang bisa berupa angka, huruf, atau tanda baca.

CD-ROM : Compact Disk read-Only Memory. Sistem penyimpanan optik yang dapat merekam informasi secara permanen pada suatu Compact Disk (amat mirip dengan disk yang digunakan untuk musik), lalu menayangkannya pada layar komputer.

CGA : Color Graphics Adapter. Standar layar berwarna yang diperkenalkan IBM pada 1981. Papan sirkuit CGA memungkinkan monitor menampilkan layar empat warna 320 X 200 pixel. Pada 1984, EGA (standar resolusi yang lebih tinggi) menggantikan standar CGA.

CHIP : nama tidak resmi untuk integrated circuit. Contoh : lihat microprocessor.

COBOL : Common Business-Oriented Language. Bahasa pemrograman high-level yang dirancang untuk aplikasi bisnis. COBOL menjadi bahasa yang paling banyak digunakan untuk memprogram aplikasi bagi mainframes sejak 1960-an.

CP/M : Control Program/Microcomputer. Salah satu sistem operasi mikrokomputer pertama.

DISK : juga disebut diskette; media penyimpan magnetik yang paling lazim digunakan untuk mikrokomputer. “Floppy Disk” bisa berdiameter 5 atau 3. Program aplikasi dikemas dan dijual dalam disket, dan pengguna menyimpan data di disket.

DISK DRIVE : Alat untuk memanggil informasi dari atau merekam informasi ke disk. Komputer bisa mempunyai satu disk drive atau lebih. Disk drive bisa juga dipasang sebagai perangkat periferal.

DOS : Disk Operating-System. Nama yang biasanya digunakan untuk mengacu kepada MS-DOS (produk Microsoft) atau PC-DOS (adaptasi IBM terhadap MS-DOS). DOS menjadi sistem operasi yang paling luas digunakan untuk komputer IBM dan kompatibelnya.

EGA : Enchanced Graphics Adapter. Standar tampilan beresolusi lebih tinggi dibandingkan CGA. Resolusi EGA adalah 640 X 350 dalam mode 16 warna. Pada 1987, standar EGA digantikan oleh VGA.

FORTRAN : FORmula TRANslation. Bahasa pemrograman yang dikembangkan pada 1956 oleh John Backus di IBM, terutama digunakan untuk menangani formula ilmiah dan matematis.

GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) : Metode untuk menampilkan teks dan grafik pada layar komputer lewat gambar dan citra yang terbentuk lewat pola titik-titik.

HARD DISK : media penyimpan magnetik yang terbuat dari besi. Hard disk menawarkan kapasitas penyimpanan informasi yang lebi besar dibandingkan floppy disk dan dapat langsung dipasang di dalam komputer.

HIGH-LEVEL LANGUAGE : bahasa pemrograman – seperti BASIC, FORTRAN, COBOL, Pascal, dsb. – yang memungkinkan pemrogram menuliskan instruksi dengan kalimat yang mirip dengan bahasa Inggris sehari-hari untuk mengontrol komputer.

KILOBYTE (K) : unit ukuran memori komputer. Satu K sama dengan 1.024 (210) bytes.

LOW-LEVEL LANGUAGE : bahasa pemrograman, seperti assembly language, yang merupakan salah satu langkah lebih jauh dari intruksi mesin yang dapat dipahami mikroprosesor. Bahasa ini amat berbeda dengan bahasa Inggris sehari-hari dan memerlukan pengetahuan teknis perangkat keras tingkat tinggi.

MCA : Micro Channel Architecture. Bus multitasking 32-bit yang diperkenalkan IBM dengan komputer PS/2-nya pada 1987. Bus ini tidak mendukung expansion card yang dibuat untuk PC-PC sebelumnya.

MEGABYTE (MB) : unit ukuran memori komputer. Satu megabyte sama dengan 1.024 kilobyte.

MICROPROSSESOR : Central Prossesing Unit (CPU) pada mikro komputer. Mikroprosesor adalah integrated circuit atau chip pada circuit board utama komputer. Mikroprosesor menggunakan antaran elektris untuk mengatur kerja komputer.

MODEM : perangkat untuk menyalurkan data dari satu komputer ke komputer lain lewat suatu jalur telekomunikasi.

MULTITASKING : metode yang digunakan sistem operasi untuk melaksanakan beberapa operasi secara bersamaaan. Dengan sistem multitasking, pengguna dapat mencetak suatu dokumen , bekerja pada suatu lembar kerja, dan menerima data dari sebuah modem pada saat bersamaan.

SISTEM OPERASI : program yang menjadi dasar untuk berfungsinya sebuah komputer. Sistem operasi menentukan cara penanganan data ketika dimasukkan ke dalam atau diambil dari memori dan mengatur semua fungsi dasar komputer.

PASCAL : bahasa pemrograman high-level yang dikembangkan oleh Nicklas Wirth. Pascal banyak digunakan untuk pengajaran ilmu komputer.

PIXEL : kependekan dari picture element; setiap titik yang membentuk gambar pada layar video.

RAM : Random-Access Memory. RAM biasanya merujuk pada memori komputer yang menyimpan informasi untuk sementara.

ROM : Read-Only Memory. Informasi yang direkam secara permanen dan dapat dibaca oleh komputer tetapi tidak dapat diubah oleh pengguna. VGA : Video Graphics Array. Standar grafis warna yang diperkenalkan IBM dengan PS/2 mereka pada
Central Processing Unit (CPU): otak yang ada didalam sebuah PC yang memproses data serta unit yang menentukan kekuatan dan harga dari sebuah komputer.

Dalam setahun ke belakang, kecepatan CPU meningkat drastis dari 600 MHz menjadi 1 GHz, dan baru-baru ini Intel mengumumkan telah mengapalkan Pentium III 1,13 GHz. Pada akhir tahun ini diperkirakan kecepatan di atas 1,5 GHz akan terlampaui, menandakan perlombaan CPU tercepat telah dimulai. Ini ada sebuah tip: Kinerja CPU di PC Anda tidak hanya ditentukan oleh angka megahertz atau gigahertz yang banyak diiklankan perakit PC di majalah atau Internet. Dengan peningkatan kecepatan chip dan aplikasi yang membutuhkan tenaga yang lebih besar,

Yang Anda perlu ketahui:

· Sebuah CPU melakukan tiga tugas utama: Membaca data, memproses data, dan biasanya menulis data ke memori.
· Kecepatan kasar (raw speed) diukur dalam skala megahertz, tetapi bagian lainnya seperti desain arsitektur chip juga menentukan kinerja dari CPU tersebut.
· Chip yang Anda inginkan dalam PC Anda tergantung pada berapa banyak yang akan Anda keluarkan dan untuk apa Anda menggunakan PC tersebut.

<<Membangun Blok>>

Sebelum Anda mengerti bagaimana sebuah CPU bekerja, Anda perlu mengetahui bagaimana sebuah CPU dibuat. Sebuah CPU terdiri dari jutaan transistor mikroskopis yang melalui pemrosesan secara kimiawi dan photolithografis untuk menjadi sebuah cetakan silikon yang besarnya tidak lebih dari ibu jari Anda.

Transistor kecil mungil itu menyimpan pulsa elektrik yang memberikan nilai satu atau nol, yang membentuk sistem bahasa binari yang digunakan komputer untuk berkomunikasi. Grup transistor tersebut saling terhubungkan untuk menyimpan nilai-nilai; mereka juga melakukan kalkulasi logika dan matematika, dan dengan bantuan sebuah jam kristal kuartz, mereka melakukan fungsinya seperti layaknya pendayung perahu naga yang mendayung secara tersinkronisasi. Dengan kata lain, mereka dapat memproses data.

<<Proses Sebuah CPU>>

Sebuah CPU memproses informasi yang disimpan dalam bentuk byte di memori. Informasi tersebut dapat berupa data atau instruksi. Data adalah bentuk biner dari sebuah huruf, sebuah angka, atau sebuah warna. Sebuah instruksi memberitahu CPU apa yang harus dilakukan terhadap data tersebut, sebagai contoh: menambahkannya, membaginya, atau memindahkannya

CPU akan melakukan tiga operasi utama terhadap data tersebut: membacanya, memanipulasi (memproses) data tersebut, dan seringkali menuliskannya ke dalam memori. Pada tingkat yang lebih sederhana, CPU hanya memerlukan empat elemen untuk melakukan operasi terhadap datanya: instruksi, penunjuk instruksi, beberapa register, dan sebuah aritmethic logic unit.

Penunjuk instruksi akan memberitahu CPU dimana instruksi tersebut diletakkan di memori saat dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi.

Register adalah tempat penyimpanan sementara di CPU. Sebuah register menyimpan sebuah data yang menunggu untuk diproses oleh sebuah instruksi, atau sebuah data yang telah diproses (misalkan, hasil dari penambahan dua angka sekaligus).

Unit logika aritmatika (arithmetic logic unit/ALU) berfungsi sebagai kalkulatornya CPU, bekerja dengan fungsi matematika dan logika yang diperintahkan oleh set instruksi.

CPU terdiri atas beberapa bagian tambahan yang membuat bagian dasar CPU bekerja sebagaimana mestinya:

· Fetch instruksi mengambil instruksi dari RAM atau bagian dari memori yang terletak di CPU.

· Dekoder instruksi mengambil instruksi dari fetch dan menerjemahkannya sehingga CPU mengerti. Dekoder ini menentukan langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk menyelesaikan instruksi tersebut.

· Unit kontrol akan mengatur dan mengkoordinasikan seluruh operasi chip. Unit ini akan memberitahu ALU kapan untuk melakukan kalkulasi, kemudian memberitahu fetch kapan untuk mengambil sebuah nilai, dan memberitahu dekoder kapan untuk menerjemahkan nilai tersebut menjadi sebuah instruksi.

<<Menjejak Sebuah Instruksi>>

Beginilah caranya CPU melakukan tugasnya: penunjuk instruksi mengarahkan fetch instruksi ke sebuah spot di memori yang menampung sebuah instruksi. Fetch kemudian menangkap instruksi tersebut dan memberikannya ke dekoder instruksi, kemudian mengamati instruksi tersebut dan menentukan langkah selanjutnya untuk melengkapi instruksi tersebut (sebuah instruksi dapat terdiri dari rangkaian langkah yang harus dilengkapi dalam urutan tertentu).

ALU kemudian mengerjakan perintah yang diminta instruksi: menambah data, membagi data, atau memanipulasi data yang ada. Setelah CPU menerjemahkan dan mengerjakan instruksi, unit kontrol memberitahukan fetch instruksi untuk menangkap instruksi berikutnya di memori. Proses ini berlangsung terus menerus--dari satu instruksi ke instruksi berikutnya, dalam suatu langkah yang rumit--untuk menciptakan hasil yang dapat Anda lihat di monitor. Itulah kerjanya sebuah program
seperti pengolah kata: sebuah seri instruksi-instruksi dan data-data.

Untuk meyakinkan semua itu berjalan dalam satu kesatuan waktu, bagian itu memerlukan suatu clock generator. Clock generator meregulasi setiap langkah yang dikerjakan CPU. Seperti sebuah metronome, sebuah clock generator mengirim pulsa-pulsa elektrik untuk menentukan langkah CPU. Pulsa tersebut diukur dalam jutaan langkah per detik, atau megahertz, yang Anda kenal sebagai ukuran kecepatan CPU. Semakin banyak pulsa dibuat, semakin cepat CPU bekerja. Dalam keadaan ideal, seharusnya sebuah CPU berkecepatan 700 MHz bekerja lebih cepat dibanding CPU 600 MHz, tetapi tambahan dan variasi pada basis CPU dapat membuat angka-angka tersebut tidak berarti.

<<Meningkatkan Basis CPU>>

Sebuah CPU hanya memerlukan sedikit bagian untuk melakukan tugasnya, tetapi desain dasar tersebut telah dimodifikasi selama bertahun-tahun untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Tujuan utama peningkatan tersebut sama: memproses data lebih cepat.

Sambil mencari cara untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan, pembuat chip menyadari bahwa CPU tidak melakukan pemrosesan selama mereka melakukan fetching untuk sebuah instruksi atau data dari RAM sistem. Untuk mereduksi downtime tersebut, mereka menempatkan sebuah area penyimpanan, yang dikenal sebagai cache, dalam sebuah CPU. Data dan instruksi dapat ditempatkan sementara di CPU itu sendiri, mengurangi perjalanan data atau instruksi dari RAM.

Menambah ide penyediaan cache, pembuat sistem menempatkan RAM berkecepatan tinggi (dan mahal)--yang dikenal sebagai cache tingkat 2 atau L2 cache--antara cache CPU tingkat satu dan RAM sistem. Semakin dekat ke CPU berarti semakin pendek jarak yang harus ditempuh ke RAM sistem. Cache sekunderi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sehingga semakin banyak prosesor yang mengintegrasinya ke dalam CPU-nya itu sendiri, menciptakan lebih banyak ruang untuk menyimpan data dan instruksi.

<<Lebih banyak ALU dan Sebuah FPU>>

Untuk meningkatkan kinerja kalkulasi, pembuat chip menempatkan sebuah unit aritmetik logika (arithmetic logic unit/ALU) di dalam CPU. Secara teoritis ini berarti pemrosesan dapat dilakukan dua kali lebih cepat dalam satu langkah. Menggunakan multiple ALU akan tampak seperti menambah tukang kayu lagi dalam membuat lemari dapur, yang berarti mempercepat penyelesaian pekerjaan.

Sebagai tambahan multiple ALU, Intel mengintegrasikan floating point unit ke dalam CPU. FPU ini menangani angka dari yang paling besar hingga yang paling kecil (yang memiliki banyak angka di belakang koma). Sementara FPU menangani kalkulasi semacam itu, ALU menjadi bebas untuk melakukan tugas lain dalam waktu yang bersamaan, untuk meningkatkan kinerja.

Advanced Micro Devices dan Intel juga menambah kecepatan pemrosesan instruksi dengan melakukan pipelining instruksi, atau menjalankan instruksi secara paralel satu dengan lainnya. Eksekusi dari sebuah instruksi memerlukan langkah yang terpisah--sebagai contoh, fetching dan dekoding sebuah instruksi. Sebenarnya CPU harus menyelesaikan sebuah instruksi secara keseluruhan sebelum melanjutkan ke instruksi berikutnya. Sekarang sirkuit yang berbeda menangani langkah yang terpisah tersebut.

Begitu sebuah instruksi telah selesai dalam satu langkah untuk dilanjutkan ke langkah berikutnya, transistor yang mengerjakan langkah pertama bebas untuk mengerjakan instruksi berikutnya, sehingga akan mempercepat kerja pemrosesan. Ini mirip dengan mendaki tangga: begitu kaki Anda meninggalkan sebuah anak tangga, orang yang di belakang Anda dapat menggunakannya untuk dinaiki.

Sebagai tambahan untuk meningkatkan kinerja adalah memprediksi cabang-cabang instruksi, yaitu memperkirakan lompatan yang akan dilakukan sebuah program dapat dilakukan; eksekusi secara spekulatif, yaitu mengeksekusi cabang instruksi yang ada di depat; dan penyelesaian tanpa mengikuti urutan, yakni kemampuan untuk menyelesaikan sebuah seri instruksi tidak berdasarkan urutan normal.

Perubahan-perubahan tersebut membuat peningkatan kecepatan clock, seperti lompatan hingga 1 GHz pada bulan Februari lalu, bukan lagi menjadi keutamaan kinerja. Tes yang dilakukan oleh majalah komputer PC World menunjukkan bahwa lompatan kecepatan bukan lagi menjadi hal utama dalam peningkatan kinerja, terutama pada aplikasi perkantoran, yang sangat tergantung pada kecepatan hard drive dan jumlah serta kecepatan RAM sistem.

<<CPU dalam PC Anda>>

Dua pemain mendominasi pasar CPU PC: Intel (www.intel.com), yang menguasai 80 persen pangsa pasar PC rumah dan bisnis, dan Advanced Micro Devices (www.amd.com). Kedua perusahaan tersebut membuat model untuk mesin-mesin high-end, midrange, dan low-end. Perusahaan lain juga memproduksi CPU, seperti Motorola PowerPC 750 (www.mot-sps.com), yang memberi tenaga untuk komputer-komputer Macintosh.

AMD Athlon dan Intel Pentium III saling berbagi pasar untuk CPU bertenaga lebih yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows. Keduanya hampir seimbang dalam desain dan performa, termasuk peningkatan kinerja untuk menjalankan software game 3D dan CAD (computer aided design).

CPU high-end dari Intel dan AMD banyak terdapat pada berbagai jenis PC, dari sistem rumahan kelas menengah (antara 600 hingga 850 MHz) hingga workstation rekayasa industri dan sistem multimedia high-end yang paling mahal (dari 866 MHz ke atas). Untuk model terbaru, PC dengan CPU ini harganya berkisar antara $200 hingga $1000.

Untuk kelas high-end, PC dengan chip 1 GHz akan berharga $2700 hingga $3300, tergantung pada komponen yang ditawarkan oleh perakit PC. Untuk sistem kelas menengah, yang menggunakan chip AMD atau Intel berkecepatan 600 hingga 850 MHz harganya sekitar $900 hingga $1600.

Chip berharga ekonomis (di bawah $150) biasanya berjalan dengan kecepatan clock lebih rendah dari Athlon dan P-III, cache yang lebih sedikit atau lebih lambat, dan memiliki peningkatan kinerja yang lebih kecil. AMD K6-III dan K6-2 serta Intel Celeron ditujukan untuk PC-PC dengan harga kurang dari $1000.

Komputer portabel biasanya tidak menawarkan CPU tercepat yang ada. Sebuah desain desktop dirancang untuk menahan panas yang lebih tinggi dibanding sebuah laptop, yang berarti laptop harus menggunakan CPU yang lebih lambat dan kurang bertenaga. Prosesor yang lebih cepat juga membutuhkan daya yang lebih besar juga, yang mengakibatkan umur pakai tenaga baterei juga berkurang. Saat ini, portabel tercepat yang tersedia di pasaran adalah 700 MHz, tapi tampaknya dengan desain yang baru, kecepatan tersebut akan segera bertambah.

<<Di Masa Depan>>

Pembuat CPU selalu mencari cara untuk meningkatkan performa. Baru-baru ini mereka telah mengganti sistem fabrikasi dari 0.25 mikron ke 0.18 mikron, yang memungkinkan celah yang lebih sempit dalam menempatkan transistor yang lebih kecil, sehingga memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi dan panas yang lebih kecil untuk desain arsitektur yang sama. Tambahan lain, interkoneksi antar transistor menggunakan alumunium telah digantikan dengan tembaga, yang mengkonduksikan listrik lebih baik dibanding alumunium.

Tetapi perbaikan ini tidak berarti perlombaan penambahan kecepatan akan berakhir. Intel telah mengumumkan chip Willamette (alias Pentium-4), yang akan berjalan dengan kecepatan 1,5 GHz dan akan tersedia pada akhir tahun ini. Sementara kompetitornya, AMD, juga akan terus menempel ketat pada perlombaan tersebut.