Sebelum melakukan cara setting modem ZTE BeeLine, langkah awal yang harus dilakukan adalah installasi driver modem. Driver modem ZTE Beeline sudah terdapat atau sudah include dalam modem ZTE Beeline itu sendiri. Apabila modem ZTE Beeline di koneksikan, dipasangkan pada port USB maka komputer secara otomatis melakukan installasi driver ke komputer tersebut.
Setelah selesai komputer melakukan installasi driver modem ZTE Beeline, barulah kita bisa melakukan setting lanjutan untuk koneksi internet menggunakan kartu 3 (three). Anda bisa saja menggunakan kartu lainnya seperti telkomsel flash, im3 atau kartu GSM lainnya. Oleh karena dalam percobaan ini saya menggunakan kartu 3 sehingga contoh yang saya jelaskan di artikel ini juga menggunakan kartu 3.
Pada desktop windows sudah terdapat sebuah icon baru bertuliskan “USB Modem Beeline” yang merupakan hasil dari installasi driver secara otomatis oleh kamputer saat awal kita memasang modem pada konektor USB.
Double click pada icon USB Modem Beeline sehingga muncul jendela USB modem Beeline yang terdiri dari beberapa menu di dalamnya seperi, Connection, Account, Communication, Statistics, Settings dan Help.
Dari beberapa menu di atas klik pada menu Settings sehingga muncul beberapa sub menu seperti Program Mode, Auto Start Settings, Network Settings, Message Settings, Information About Modem dan My Number.
Klik Pada Information about Modem, dan perhatikan jendela sebelah kanan ada beberapa sub menu kembali muncul yaitu, Connection, Sim Card & Modem, PC dan Network Access Settings.
Klik Pada Network Access Settings kemudian dilanjutkan dengan klik tab Add dan isi account 3 sebagai berikut :
Profile diisi dengan : 3data
Dial Number diisi dengan : *99#
User Name diisi dengan : 3data
Password diisi dengan : 3data
Use the following APN name : 3data
Authentication Mode : CHAP
Setelah data diisi dan disesuaikan dengan benar barulah klik tab Save untuk menyimpan perubahan yang telah kita lakukan.
Agar akun 3data yang barusan kita setting menjadi aku default atau akun utama maka lakukan klik satu kali pada tab “Set Default”.
Setelah itu langkah setting modem ZTE Beeline sudah selesai dan sekarang langkah untuk melakukan koneksi internet, dengan cara klik pada Menu utama Connection dan klik tombol Connect, tunggu hingga muncul pesan Connected time : 00:01:01 dan Amount of Data : 1.10 Mbytes. Ini menyatakan bahwa koneksi internet yang kita lakukan sudah berhasil dan selamat menggunakan internet untuk browsing, download, chatting ataupun kegiatan internet lainnya.