Sitemap

Sitemap adalah daftar halaman sebuah situs web yang dapat di akses oleh Crawler (Mesin Perayap) dan pengguna. Itu adalah pengertian dari Sitemap yang di ambil dari wikipedia.org. Berikut ini petikan aslinya "A site map (or sitemap) is a list of pages of a web site accessible to crawlers or users." Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Sitemap berarti Peta Situs. Sitemap dapat membantu pengunjung dan Search Engine Bots untuk menemukan setiap halaman yang terdapat dalam situs atau blog.

Google telah memperkenalkan Google Sitemaps sehingga para pengembang web dapat mempublikasikan daftar link dari seluruh situs mereka. Premis dasarnya adalah bahwa beberapa situs memiliki banyak halaman yang dinamis yang hanya tersedia melalui penggunaan formulir dan entri pengguna. File Sitemap berisi URL untuk halaman-halaman tertentu sehingga web crawler dapat menemukan mereka. Beberap mesin pencari seperti Bing , Google , Yahoo dan Ask sekarang bersama-sama mendukung protokol Sitemaps.

Sejak Bing, Yahoo, Ask, dan Google menggunakan protokol yang sama, dengan menambahkan Sitemap, keempat mesin pencari tersebut dapat mengetahui halaman dari sebuah situs yang sudah diperbaharui atau di Update. Menambahkan Sitemap tidak menjadi sebuah jaminan kalau semua link dari suatu situs dapat dijelajahi atau di index. Tapi sedikit tidaknya, Sitemap dapat membantu Search Engine Bots untuk mempelajari situs kita.