Entah disengaja atau tidak, namun yang pasti sebuah dokumen Microsoft yang dikirmkan ke rekanan bisnisnya bocor di internet. Isi dokumen tersebut antara lain, proyek besar Microsoft yaitu Windows 8.

Ketika ditemukan, dokumen tersebut memerlihatkan visi Microsoft untuk Windows 8. Seperti desain komputer dan kemampuan perangkat keras. Namun, sebagian permintaan juga ada yang meminta sistem anyar pada Windows 8 dipasangi Original Equipment Manufacturer (OEM).
Menurut Microsoft, Windows teranyarnya nanti akan mengunggulkan sensor yang lebih beragam. Mulai dari Global Positioning System (GPS), posisi yang berbasis menara BTS, sensor kedekatan, accelerometer, dan kamera web.
Windows Store adalah salah satu feature yang diusung Microsoft melalui Windows 8-nya. Toko ini akan menangani feature-feature standar. Semisal pengelolaan akun dan pembaruan peranti lunak, pun menyediakan kemampuan mereplika aplikasi dan pengelolaannya di berbagai perangkat yang berbeda. Sedianya, toko aplikasi ini akan membidik App Store milik Apple.
Berdasarkan  proyek yang kadung bocor di internet itu, terkuak pula rencana Microsoft yang akan merilis browser terkuatnya, Internet Explorer 9 versi Beta pada Agustus mendatang. Namun demikian, juru bicara Microsoft enggan berkomentar terkait dokumen Windows 8 tersebut.
Hal tersebut diperkuat alasan Windows 7 yang belum genap setahun diluncurkan. Jadi, mustahil bila Windows 8 meluncur sebelum tahun 2012.
Sementara itu, Matt Rosoff (analisis dari Directions on Microsoft), mengatakan bahwa kebocoran ini adalah upaya Microsoft sendiri untuk mendapatkan masukan apa dari apa yang sedang mereka kerjakan.
5 October 2010 at 00:01 - Comments