Lisensi perangkat lunak adalah lisensi, hak dan pembatasan penggunaan pada perangkat lunak tertentu. Penggunaan perangkat lunak tanpa lisensi dapat dianggap pelanggaran pemilik hak kepemilikan di bawah hukum hak cipta atau, kadang, paten dan memungkinkan pemilik untuk menuntut.Sebuah perusahaan software untuk menawarkan lisensi perangkat lunak secara sepihak (tanpa memberikan kesempatan bagi penerima lisensi untuk menegosiasikan persyaratan yang lebih menguntungkan) seperti dalam kontrak shrink wrap, atau bahkan sebagai bagian dari perjanjian lisensi perangkat lunak dengan pihak lain. Hampir semua perangkat lunak berpemilik yang diproduksi massal dijual dalam satu bentuk atau gaya perjanjian lisensi perangkat lunak.Jenis-jenis lisensi perangkat lunakMenurut Microsoft dalam "The Dokumen Halloween", ada beberapa jenis lisensi yang dapat digunakan untuk program komputer. Beberapa jenis lisensi meliputi:
Lisensi Komersialadalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti Microsoft dengan Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain-lain. Software yang diciptakan dengan lisensi ini dibuat untuk tujuan komersial sehingga user yang ingin menggunakannya untuk membeli atau mendapatkan izin untuk menggunakan dari pemegang hak cipta.
Percobaan Lisensi Perangkat Lunakadalah jenis lisensi yang biasa ditemui dalam perangkat lunak untuk demo dari perangkat lunak sebelum itu dirilis kepada publik atau biasanya sudah diluncurkan tetapi memiliki masa aktif terbatas. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan software tersebut secara bebas. Namun karena demo, seringkali software dengan lisensi ini tidak memiliki fungsi dan fasilitas sebagai versi komersial lengkap. Dan biasanya dibatasi oleh masa aktif tertentu.
Non-Komersial Penggunaan Lisensibiasanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu di bidang yayasan pendidikan atau sosial. Yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan batasan-batasan tertentu pada penggunaan.
Lisensi Sharewarememungkinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta. Berbeda dengan Trial Software, lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur lengkap. Lisensi jenis ini biasanya ditemukan di perusahaan software kecil.
Lisensi Freewarebiasanya ditemukan di perangkat lunak yang mendukung, memberikan fasilitas tambahan atau memang free / gratis. Contoh yang didukung termasuk tambahan plug-in yang biasanya menempel pada orang tua seperti perangkat lunak Eye Candy yang menempel pada Adobe Photoshop.
Royalti Bebas Lisensi Binari
mirip dengan lisensi freeware, hanya produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan perangkat lunak yang berdiri sendiri.
Lisensi Open source software (Open Source)Perangkat lunak sumber terbuka (Open Source Software) adalah jenis perangkat lunak kode sumber terbuka untuk dipelajari, dimodifikasi, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, perkembangannya umumnya dilakukan oleh sebuah komunitas terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak yang bersangkutan. Anggota masyarakat sering sukarela tetapi dapat juga karyawan perusahaan yang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak. Produk perangkat lunak yang dihasilkan biasanya bebas dengan norma pelukan permanen tertentu dan etika. Semua perangkat lunak bebas adalah perangkat lunak open source, tetapi perangkat lunak open source mungkin tidak perangkat lunak bebas, tergantung pada aturan yang digunakan dalam perangkat lunak open source untuk lisensi. Serupa dengan perangkat lunak bebas, perangkat lunak open source adalah perangkat lunak yang juga dapat diperoleh dan didistribusikan secara bebas. Berbeda halnya dengan perangkat lunak bebas yang mungkin tidak diizinkan untuk melihat kode asli, perangkat lunak sumber terbuka dapat dibaca kode pemrograman sesuai aslinya. Kode pemrograman juga dapat diubah, dimodifikasi dan dikembangkan oleh kami dengan memperhatikan aturan yang berlaku sesuai dengan lisensi perangkat lunak. Sebagai contoh untuk memahami perbedaan antara kedua jenis perangkat ini dapat diilustrasikan misalnya perusahaan Microsoft pada saat membuat salah satu produknya menjadi perangkat lunak bebas. Ini berarti siapa pun bisa mendapatkannya secara gratis. Tapi Anda tidak diizinkan untuk kemudian memodifikasi dan mengembangkan produk perangkat lunak.Dapat disimpulkan, perangkat lunak open source tentu perangkat lunak bebas, namun sebaliknya perangkat lunak bebas belum tentu merupakan perangkat lunak open source.
Opensource Contoh:
• Sistem operasi: GNU / Linux, BSD, Darwin, dan OpenSolarimpilator GCC, GDB debugger dan C libraries• Server: BIND name server, Sendmail mail yang transportasi, Apache HTTP Server, dan Samba server File• RDBMS: MySQL dan PostgreSQL• Pemrograman bahasa: Perl, PHP, Python, Ruby dan Tcl• GUI: X Window System, GNOME, KDE, dan Xfcemirip dengan lisensi freeware, hanya produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan perangkat lunak yang berdiri sendiri