Database atau database yang sering dieja, adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database.
Bagaimana database dengan sistem database dengan menggunakan komputer? Ini adalah sama dengan database yang manual (buku telepon misalnya) hanya saja dengan komputer, informasi dalam database akan sangat mudah untuk diperbarui dan sangat cepat untuk pencarian. Software atau aplikasi yang bertanggung jawab untuk mengatur, menyimpan, memodifikasi data disebut dengan software database engine dan lebih resminya disebut DBMS (Database Management System).contoh mesin database aplikasi seperti:
SQL Server, dibuat oleh Microsoft.MS Access, dibuat oleh Microsoft.Oracle Database, dibuat oleh Oracle.MySQL, diciptakan oleh MySQL AB.Firebird, dibuat oleh komunitas open source dengan kode Interbase.PostgreSQL, dibuat oleh komunitas open source.DB2, dibuat oleh IBM.
Sistem persediaan, akan membutuhkan database untuk menyimpan data persediaan, termasuk memperbarui data persediaan dan sebagainya.Contoh di atas adalah hanya sebagian kecil dari aplikasi yang membutuhkan database karena fakta bahwa aktivitas bisnis yang membutuhkan sistem database sebagai media penyimpanan komputer. Database hanya digunakan untuk menyimpan data transaksi juga akan digunakan untuk melihat laporan yang dapat digunakan oleh manajemen sebagai sumber untuk pengambilan keputusan. Untuk sistem database yang lebih canggih bahkan sekarang sudah ada fasilitas data analisis sehingga dapat memprediksi situasi akan terjadi berdasarkan data yang ada.
Apa yang kita bahas di sini adalah betapa pentingnya peran database dalam bidang jasa komputer. Kita tahu bahwa peran database sangat penting bagi kami. Dilihat dari fungsi database untuk menyimpan data. Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan database sangat sering kita temui, baik itu di supermarket, di mana layanan komputer, dan lainnya. Mari kita membahas masalah betapa pentingnya database di bidang jasa komputer. Kita tahu bahwa dalam pelayanan komputer tidak hanya untuk melakukan atau memperbaiki komputer tetapi juga menjual barang jika diperlukan untuk orang yang datang untuk melayani komputer. Nah, di sinilah pentingnya database di bidang jasa komputer. Database pada komputer umumnya layanan yang sama dengan database di supermarket yang digunakan untuk menganalisis produk yang telah dijual. Sebagai contoh, jika database menunjukkan penjualan barang meningkat secara dramatis, maka manajer dapat mengatur target atau rencana untuk sukses perusahaannya, misalnya dengan menambahkan item yang dijual sebagian besar periode 1 minggu dan lainnya.
Nah, sekarang apa yang terjadi jika database tidak ditegakkan?Bisa jika sebuah toko layanan komputer tidak menggunakan database pada kerja sistem, yaitu dengan menggunakan buku tamu dan menggunakan catatan tertulis dan dikumpulkan setiap kali transaksi. Buku tamu digunakan untuk menghitung berapa banyak pelanggan yang datang setiap hari. sedangkan catatan yang digunakan untuk menganalisis bagaimana jumlah barang yang dijual dan barang apa yang paling disukai oleh pelanggan.Memang, jika tidak menggunakan database akan sulit dan terlalu rumit dan memakan waktu. Tapi itu adalah cara laen jika sesuatu tidak memungkinkan manajer untuk menggunakan database.