E-bisnis adalah proses bisnis yang bergantung pada sistem informasi. Sementara e-commerce adalah transaksi bisnis di mana penjual dan pembeli bertemu pada jaringan di intenet. Jadi dapat ditafsirkan bahwa e-commerce adalah membeli atau menjual menggunakan Internet. Apakah e-commerce dengan e-bisnis bersama?Kedua istilah e-commerce dan e-bisnis jika tidak dipahami terlebih dahulu akan membuat diskusi tentang e-commerce itu sendiri berputar dan tidak sistematis. Hal ini disebabkan kebingungan menentukan istilah yang paling tepat untuk mewakili konsep perdagangan dengan cara elektronik.
Perbedaan mendasar antara e-commerce dan e-bisnis adalah bahwa tujuan dari e-commerce benar-benar berorientasi uang (berorientasi pada perolehan uang), sementara e-bisnis berorientasi kepentingan jangka panjang yang abstrak, seperti kepercayaan konsumen, layanan kepada konsumen, aturan kerja, hubungan antara mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
Jelas berbeda dalam e-commerce ICT digunakan dalam transaksi antar-organisasi atau antar perusahaan, biasanya disebut bisnis-ke-bisnis, transaksi perusahaan dengan pemerintah atau sering disebut bisnis-ke Pemerintah, transaksi perusahaan / organisasi untuk pelanggan atau sering disebut konsumen ke konsumen, dan mobile commerce. Sementara e-bisnis ICT digunakan dalam proses produksi dan operasi perusahaan.
Yang pertama, yang meliputi pengawasan terhadap proses produksi produksi, stok dan mengisi kembali, pembayaran, komunikasi dengan pemasok, dan lainnya. Yang kedua adalah layanan pelanggan, termasuk dukungan pelanggan dan layanan pelanggan, pemasaran, penjualan melalui internet dan lainnya. Yang terakhir adalah perusahaan manajemen mencakup layanan kepada karyawan, pelatihan karyawan, perekrutan karyawan dan lainnya.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan sendiri produk, tetapi dengan tim manajemen, pengiriman tepat waktu, pelayanan yang baik, struktur organisasi bisnis yang baik, infrastruktur jaringan dan keamanan, desain situs web yang baik, beberapa faktor yang meliputi :
1. Memberikan harga yang kompetitif2. Menyediakan jasa pembelian responsif, cepat, dan ramah.3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang komprehensif dan jelas.4. Memberikan bonus lebih seperti kupon, penawaran khusus dan diskon.5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lainnya.7. Memfasilitasi kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
* E-mail dan olah pesanContent Management Sistem ** Dokumen, spreadsheet, database* Akuntansi dan sistem keuangan* Pengiriman dan memesan Informasi* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise* Domestik dan internasional sistem pembayaran* Newsgroup* On-line Belanja* Conferencing* Online Banking
Manfaat e-commerce bagi pelanggan meliputi:* Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.* Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan, mereka dapat memilih berbagai produk dari banyak vendor.* Electronic commerce menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.* Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk digital, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.* Pelanggan dapat menerima informasi yang relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggi.* Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).* Electronic commerce menyediakan tempat bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran dan pengalaman.* Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
Manfaat e-commerce bagi masyarakat:* Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, hasil ini akan mengurangi arus lalu lintas di jalan dan mengurangi polusi udara.* Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu membeli lebih banyak dan memperbaiki kehidupan mereka.* Electronic commerce memungkinkan orang di negara dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Hal ini juga termasuk kesempatan untuk belajar profesinya dan memperoleh gelar akademis.* Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan pelayanan sosial dari pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, dapat menajangkau pasien di daerah pedesaan.
Manfaat e-commerce bagi bisnis:* Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Oleh karena itu, dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.* E-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan internet yang melakukan bisnis akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
Sementara Manfaat Pelaksanaan E-Business Antara lain:
• Meningkatkan kinerja operasional perusahaan,• Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan pendanaan sangat luas,• Meningkatkan efisiensi perusahaan,• Menyederhanakan manajemen aset perusahaan• Meningkatkan kualitas layanan pelanggan,• Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder,• Mengatasi kesenjangan digital,• Media promosi kompetensi perusahaan,• Memperlancar kegiatan ekonomi,• Memperlancar transaksi bisnis,• Dukungan penyebaran informasi secara luas,• dll.